Untuk Kehidupan Lebih Baik


Laporan Bali Spirit Festival IV untuk majalah Le Gong

Apa yang membuat hidup Anda sangat berarti ?  Jawabannya, tentu ada di hati Anda yang paling dalam.  Hidup Anda akan sangat berarti bila ada ‘spirit’ dalam diri Anda. Bukankah begitu?  Dalam bahasa Inggris spirit didevinisikan sebagai pernyataan pikiran, keberanian dan energi.  

Lalu apa spirit Anda dalam hidup?  Anda, mungkin, ingin menjadi bagian dari sebuah perubahan sekecil apapun di bumi ini di bidang lingkungan. Untuk itu dalam kehidupan sehari-hari Anda, misalnya, Anda mulai meminimalkan penggunaan kantung plastik, dan memilih memakai  kantung dari bahan daur ulang. Atau sebagai pengusaha spa, Anda meminimalkan penggunaan produk-produk yang banyak mengandung zat kimia, semata-mata karena Anda tak rela bumi ini ‘dikotori’ oleh zat-zat kimia setiap hari.

Kekuatan energi dan pikiran maha besar juga dimiliki oleh  I Made Gunarta, seorang seniman  sekaligus pengusaha mebel di Bali. Tahun 1990 an, setelah merasa prihatin dengan kondisi lingkungan di sekitarnya, ia berubah haluan memakai kayu-kayu daur ulang sebagai ganti kayu-kayu baru yang dibabat dari hutan. “Hidup saya lebih berarti jika saya berguna untuk orang lain, siapa pun dia,” ujarnya.

Meghan Pappenheim, yang berasal dari New York – Amerika, istri I Made Gunarta memiliki spirit yang sama dengan suaminya. Sebagai guru yoga bersertifikat (meskipun tidak pernah menjadi instruktur yoga), Meghan menangkap bahwa perkembangan pasar perjalanan holistik ke Bali, bisa digarap dan bermanfaat bagi masyarakat Bali. Akhirnya di tahun 2008, suami istri ini mendirikan Balispirit Festival (BSF) sebuah festival tahunan yang menggabungkan antara yoga, musik, dan tari, serta menggabungkan antara budaya Timur dan Barat melalui seni.  Mengapa yoga dan budaya?  Meghan dan I Made Gunarta yakin bahwa  nilai-nilai yoga dan budaya dapat mempengaruhi manusia di semua tingkatan.

Saat ini Anda mungkin tak punya spirit sedahsyat Meghan atau I Made Gunarta, namun bila Anda hari ini atau besok ingin menjadi manusia yang lebih baik lagi, itu berarti Anda memiliki spirit sedahsyat Meghan dan I Made Gunarta.  Nah, aura spirit yang maha dahsyat itu diharapkan akan ada di diri Anda setelah mengikuti  acara tahunan BSF.

                                                                   

0 comments:

Post a Comment