Umur Berapa Boleh Yoga ?

Yoga untuk Siapapun


Yoga adalah olahraga yang sangat fleksibel dilakukan oleh siapapun, sepanjang Anda bisa mengikuti. Anak kecil (dari umur 7 tahun), remaja, dan orang tua bisa  mengikuti. Dengan catatan, mereka melakukan yoga merasa nyaman dengan apa yang dilakukan. Tidak memaksa diri.

Di studio ada beberapa anak kecil (SD) yang pernah ikut serta. Beberapa remaja yang mengikuti kelas.  Alasan berlatih yoga berbeda-beda: ada yang ingin lebih fokus, ada yang ingin lebih gemuk, ingin lebih kurus, bahkan ada yang scoliosis (bentuk tulang punggung bengkok karena suatu hal)

Ada juga yang umurnya sudah sangat senior, di atas 60 tahun. Ada Bude (begitu saya memanggil) yang sudah berlatih 5 tahun di studio. Hebatnya Bude ini, tak pernah menyerah dengan rasa malas. Seminggu sekali beliau berlatih dengan tekun. Hebatnya lagi dia selalu bisa mengikuti pelajaran di kelas.

Ini dia foto Bude ketika melakukan headstand. Paling kanan, berkaos hijau




Beberapa member yoga malah mengikuti kelas yoga atas petunjuk dokter. Misalnya ada yg dianjurkan berolahraga 2 x seminggu agar diabetesnya tidak semakin parah. Atau ada yang merasa nyaman berlatih yoga daripada mengonsumsi obat migrain setiap minggu. ***

0 comments:

Post a Comment