Terus Berkembang

                                    Laporan  untuk  majalah  Le Gong (3)

Sejak tahun 1990 an, yoga mulai berkembang di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Saat ini di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung atau Surabaya, sangat mudah menemukan studio-studio yoga atau fitness-fitness centre. 

Sejak tahun 2008, Balispirit Festival (BSF) menjadi pioneer melaksanakan festival yoga di Indonesia untuk skala internasional. Sedangkan di tahun 2010, di Jakarta, diadakan Namaste Festival. Meskipun dengan kemasan yang berbeda, kedua festival tahunan tersebut tetap menarik benang merah :  yoga sebagai sebuah gaya hidup.

Pujiastuti Sindhu, seorang master yoga di Indonesia mengatakan perkembangan yoga di Indonesia sangat mengembirakan. Itulah kenapa ia  menyambut baik festival-festival yoga banyak digelar di Indonesia. Perkembangan yang baik ini juga berdampak pada kebutuhan guru-guru yoga yang professional. Tak heran bila puluhan orang setiap tahun mengikuti program pelatihan guru (teacher training) di studio yoga milik Pujiastuti di Bandung.  “Untuk bisa melatih yoga dengan baik perlu pengetahuan yang baik pula, untuk itu perlu pelatihan,” jelas mba Uji, begitu sapaan Pujiastuti Sindhu.

       ---------------------------------------------------------------------------------------------------
             buat teman-teman yg senang jalan-jalan gratis, boleh dicek di web ini ya :
                        www.Dini-Shanti.com/jalanjalangratis/?id=AsaSukses
      

Perkembangan yoga yang cukup baik di Indonesia itulah yang juga dijawab oleh I Made Gunarta, Co-Founder and Cultural Laison BSF. BSF berusaha menampilkan master-master yoga internasional yang sangat ahli di bidangnya. ”Setiap tahun kami ingin memberi kejutan pada peserta BSF.”

 Dengan tetap mengedepankan perpaduan budaya Timur dan Barat, tahun depan (2012) I Made Gunarta akan menyelenggarakan BSF berdekatan dengan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka. “Tahun depan, saya ingin para peserta selain bisa menikmati acara-acara BSF, sekaligus bisa menikmati Festival Ogoh-ogoh.”     Dalam budaya Bali, ogoh-ogoh adalah simbol roh-roh jahat. Malam sebelum Hari Raya Nyepi, biasanya diadakan upacara pembakaran ogoh-ogoh.

Semoga festival-festival yoga internasional yang digelar di Indonesia tak hanya berarti untuk perkembangan yoga di Indonesia namun memberi sumbangan positif pada parisiwata di Indonesia. Khusus untuk BSF, semoga sumbangan untuk membangun Bali selalu dikedepankan.  Namaste. *** 

      

                                                               

0 comments:

Post a Comment