Yoga di YogaBarn


Bali  Spirit Festival (BSF) yoga, music and dance 2011 menyisakan energi positif dalam diri saya.  Saat masih berada di Bali, saya berpikir apakah mungkin saya membuat event yang sama dalam lingkup kecil ?  

Dan …voila… ketika sampai di Jakarta, energi positif itu saya tularkan ke teman-teman yang selama ini sama-sama rutin berlatih yoga.  Akhirnya, dengan bantuan teman saya di Bali, event skala kecil  “YOGA & ME TIME di Bali” terselenggrakan pada tanggal 28 – 30 Mei 2011.

Meski muatan  ‘me time’ lebih banyak daripada jam berlatih yoga, namun kami puas dengan kualitas yoga yang kami lakukan. Tanggal 29 Mei, Sabtu, kami berlatih selama 1,5 jam di YogaBarn, Ubud, bersama Cat Kabira. Saya tak menyangka bisa bertemu dengan Cat lagi karena setahu saya Cat baru akan mengadakan teacher training di Bali pada awal Juni 2011. Eh…. rejeki ternyata ngga kemana !!!




Tanggal 30 Mei 2011, Minggu, kami berlatih bersama Uma Inder. Sebenarnya ini adalah pertemuan saya dengan Uma yang kedua. Pertemuan pertama, di BSF 2011, saya sempat  ‘melongok’ workshopnya dan tak berminat mengikutinya. Kali ini, saya harus mengikuti kelasnya.

Cat dengan aliran Forest yoga nya sangat bisa kami ikuti. Semua gerakan yang diajarkan  Cat, sering kami lakukan di Jakarta. Dari Uma, kami memperoleh banyak ilmu.  Saat melakukan Surya Namaskar, Uma meminta kami untuk mengucapkan kata matra di setiap gerakan. Dalam penjelasannya, Uma mengatakan bahwa matra tersebut juga berfungsi sebagai detoks. Wah….. !!!!  Saya jadi menyesal mengapa saat di BSF Maret lalu, saya tak ikut kelas Uma. Uma, wanita India dan sudah menetap di Bali selama beberapa tahun ini, terkenal sebagai ahli  Ayurvedic therapy yang dikombinasikan dengan yoga. Keahliannya diakui tingkat internasional lho……

Yang perlu menjadi catatan adalah :  kami harus meningkatkan ketahanan fisik saat berlatih yoga. hal ini sangat kami rasakan saat berlatih di YogaBarn. Bayangkan, biasanya, saat latihan di Depok, kami hanya menahan satu pose dalam 20 detik. Sedangkan dengan Cat dan Uma, satu pose bisa ditahan hingga 2 menit.   Weleh…weleh…..!!!!!


0 comments:

Post a Comment